Jumat, 16 November 2012

SELECT IF solusinya

Lihat ilustrasi tabel di bawah ini :

Gambar pertama adalah hasil Query yang di eksekusi dengan Mysql Command Line, karena kurang GUI (Graphical User Interface), saya tampilkan dengan SQLyog dengan menyeleksi beberapa fields yang diperlukan dalam tutorial ini, hasilnya ada di ilustrasi ke dua.

Masalahnya...?
Misal nih..! Saya akan memisahkan dari field [jml], antara jumlah yang di setor (barang masuk) dengan jumlah barang yang diambil.

Dari tabel transaksi di atas, field [kd_trans] adalah pembeda antara setoran masuk dan pengambilan, dimana kode 1 mewakili barang masuk sedang kode 2 mewakili barang keluar atau pengambilan.



Jadi solusinya...coba lihat perintah SQL dalam ilustrasi di bawah ini...


Sayangnya perintah ini berjalan di mysql versi 5 ke atas, saya mencoba menjalankannya di versi 4 belum bisa, atau mungkin ada trik lain hehehh...(butuh advice maksudnya).
Dan jangan mencobanya di browser dan tabel ms. foxpro, anda akan menemukan peringatan kesalahan query, karena foxpro juga belum mendukungnya (saya coba di versi foxpro 8 dan 9 ketika akan mengupdate software aplikasi yang saya pakai).





2 komentar:

  1. tergantung juga bro..! Sy pernah liat suatu system Bpr dg database mysql model lama, atau foxpro yg jadul dah bisa misahin debet n kredit dari 1 field, conoth kasusnya di bank! Iya kan..! sy raya bergantung pola pikir programmernya, setiap msl pasti ada cara memecahkannya, tul ga..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anda benar, dan salah satu caranya seperti tutorial di atas, makasih sharingnya dan komennya.

      Hapus

Iklan !

Stats