Senin, 22 Oktober 2012

JOIN TABEL DENGAN SQL (2)

Mengaplikasikan Query di program hampir sama dengan menuliskannya di browser Query. Misal saya membuat aplikasi sederhana seperti ini :





Untuk komponen yang dipakai bisa dengan ADO, ZEOS, atau myDAC atau dbExpress, namun dalam contoh diatas saya memakai ZEOS. Inisiasi dan koneksi ke database Mysql tergantung komponen, User dan password Mysql yang terpasang di komputer masing-masing.
Misal dalam contoh aplikasi di atas,saya memasang Zconnection sebagai protokol koneksi ke Mysql, Satu zquery untuk menempatkan perintah SQL, satu data source yang menghubungkan Zquery ke dbgrid, satu dbGrid untuk menampilkan hasil data query,dan satu button dimana perintah SQL Anda akan di eksekusi.


 Nah dengan satu komponen Zquery yang saya namakan Q1, saya dapat menuliskan perintah Query sebagai berikut misalnya :
 





 Aplikasi ini jika dijalankan akan menghasilkan output seperti tampilan di bawah ini :




Akhirnya....

Pada dasarnya query Sql, dapat digunakan untuk menghubungkan tabel-tabel data yang di setiap tabel yang bersangkutan ada kunci relasi. Tidak hanya 2 tabel data, anda bisa merangkai tiga,empat atau lebih sampai bergerbong-gerbong seperti kereta. Anda hanya membutuhkan kejelian  dalam menyusun perintah SQL dan menyusun tabel-tabel data yang akan direlasikan. 



3 komentar:

  1. Saya rasa bahasan anda kurang terperinci mas...contoh-contohnya kurang mendetail

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih infonya, saya sengaja membahas gari besarnya saja, detail program tidak saya sertakan untuk mengurangi isi blog, terimakasih atensinya.

      Hapus

Iklan !

Stats