Rabu, 17 Oktober 2012

JOIN TABEL DENGAN SQL (merangkai tabel)

Pernah dibuat pusing bagaimana merelasikan tabel-tabel sehingga field-field dari satu tabel dapat digunakan di tabel yang lain ??? Kalau jaman dulu sih penyelesaiannya bisa dengan look up tabel.
Misal  seperti ilustrasi di bawah ini :




Ilustrasi di atas menggambarkan lookUp tabel dari tabel nm_cetakan dengan tabel jenis_cetak dengan nilai yang diambil field nm_jenis dari tabel jenis_cetak.

Masalah dapat terselesaikan dengan baik, hanya tidak dinamis utk kebutuhan relasi-relasi tabel yang lain sehingga banyak komponen tabel atau sql Query yang dipasang jika anda sedang membangun system.



Dengan query masalah di atas dapat disederhanakan. Bahkan cukup satu komponen Query jika anda sedang membangun aplikasi, satu komponen query tersebut bisa di pakai untuk beberapa perintah-perintah SQL yang anda susun.

Misalkan saja saya mengilustrasikan tabel data sebagai berikut :

 deskripsi tabel jns_cetak :
 deskripsi tabel nm_cetakan :






Data yang ada di kedua tabel sebagai berikut :










kemudian saya bermaksud merelasikan antar tabel data dari misal dari tabel jns_cetak dengan nm_cetakan,

Bila anda bermaksud melakukan tes dengan query browser maka SQL commandnya dapat langsung ditulis di browser query tersebut, dengan syarat seperti pada tabel-tabel di atas bahwa ada kunci publik utk melakukan relasi antar tabel. Nah bila di aplikasikan dalam program, maka anda tidak perlu banyak komponen Query, cukup satu komponen saja.

sebagai kunci relasi antar tabel di kedua tabel di atas adalah field jns_cetak.kode_jenis dengan nm_cetakan.kode_jns.
Hasil Query dengan query browser sbb :


(akan disambung...)



4 komentar:

  1. Mas anda bisa memakai tools Mysql seperti SqlYOg, phpmyadmin, atau mysql administrator jadi kalo mau bikin tabel2 di mysql tidak perlu nulis seperti dari Dos. jadi lebih mudah ..tampilannya juga user freindly..selamat mencoba aja banyak bnrowser gratis di internet

    BalasHapus
  2. Oh iya mas..makasih advis-nya, klo sehari hari saya memakai SQL front atau SQLYog memang sangat membantu dlm memanage, menyusun database dan tabel tabelnya, cuma dlm blog ini saya ingin menampilkan apa adanya dengan mengurangi tool-tool tambahan, makasih...

    BalasHapus
  3. Mysql memang database yang bagus dan handal utk aplikasi -2 kecil bahkna enterprise klo managemen datanya baik, tp klo amburadul ya rempong juga ...!

    BalasHapus

Iklan !

Stats