Rabu, 24 Oktober 2012

Menengok HTML-5 di Netbeans 7.3 (Beta)

 
(Screen Shoot Netbeans Plus HTML-5)

Masih ingat dengan Netbeans, atau belum kenal...? Hehehee  kalau belum kenal, YA...sama dengan saya. Basic-nya sih dulu netbeans adalah IDE yang berbasis java, ya mirip-mirip Delphi yang berbasis Pascal, hanya bedanya netbeans IDE yang free, anda bisa downlaod dengan gratis di lamannya www.netbeans.org 
Wah jadi seperti promosi...Ga apa apa sepanjang ini free.
Nah info yang terbaru di IDE Netbeans seri 7.3 beta ini support dengan HTML 5, ingat pakai angka lima (5). Jadi ingat kan dengan HTML di awal awal web ada dulu, wah susahnya menyusun tampilan web yang apik, tapi itu dulu. Arti support di sini adalah bahwa netbeans menyediakan reserved word yang dikenali oleh interpreter HTML, mau bilang compiler...HTML kan tidak pernah di kompilasi ya...?


Kalo masih bingung, ikuti aja alur gambar di atas mengikuti nomor yang tercantum. Mulai dari menu File lalu New Project, sehingga muncul form tampilan seperti di atas.















Jendela form berikutnya adalah pemberian nama file HTML yang anda buat pertama kali, misal dalam contoh saya beri nama "Nyoba".






Netbeans menyediakan template bagi halaman HTML anda jika dikehendaki, jika dipilih  "Next" makatampilan berikutnya adalah kustomasi template, jika finish maka hasil akhir seperti di bawah ini.


Tombol yang dirujuk nomor 1, adalah tombol Run untuk menjalankan apliaksi, pilihlah terlebih dulu web browser yang tersedia di komputer anda seperti tampilan di bawah ini.












Nah...bila contoh di atas di "Run" maka akan muncul info "TO DO write Content", artinya, anda bisa memulai coding dari situ...
Hehehe...sampai di sini dulu..(maaf contoh coding belum ada, akan disambung ...)











6 komentar:

  1. saya tertarik mengikuti perkembangan NEtbeans, IDE ini menjadi alternatif utk open source dan Operating System selain si "JENDELA" selain Eclipse tentunya yg coding nya tidak jauh dari delphi, coba bahasan netbeansnya di perbanyak, bukan cuma intro saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih partisipasinya mas fandi, sampai saat ini, apa yang sy tulis di blog ini merupakan ide, uneg-uneg atau pikiran sesaat yg tiba-tiba muncul, keinginan utk menulis tutorial yg mendetail belum ada, jadi klo isiannya random wajar. Untuk sarannya akan saya pertimbangkan,terima kasih.

      Hapus
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai Neatbeans silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5414/1/Jurnal%20Indra.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. link ke sananya susah bgt ya...? Jurnal Pdf-nya ssh diambil, tp mks berat infonya

      Hapus
  3. Oh ya..terima kasih infonya Rizka Muslimaturrohmah,

    BalasHapus

Iklan !

Stats