Minggu, 07 Oktober 2012

Seri ke dua seni memrogram ..!

Ada seorang programmer yg menulis kodenya dengan rapi, mulai dari paragraf, spasi alenia antar paragraf, bahkan history dan dokumentasi, hihi..ini mungkin programmer jenis atau mantan sekretaris yah..hahahha.

misal seperti ini (dalam pascal kode) :




Efek yang di timbulkan ya .. kodenya jadi banyak baris karena banyak histori atau dokumentasi, namun nilai baiknya jika anda programmer pelupa, yang malas merunut kode dari "top to end", atau aplikasi anda model bongkar pasang, maksudnya nanti anda bongkar dan dipasang ke bentuk aplikasi lain, histori ini sangat membantu. ya kan..? Anda tidak perlu merunut ini kode mengarah kemana..? hasilnya apa..? mudah dipahami.

Programmer yang lain..? ada yang menulis kode "awut-awutan" alias rumit tidak ada histori atau dokumentasi, yang penting menurut dia hasil tercapai dan memenuhi keinginan user..katanya sih supaya kode yang dia buat susah dipahami oleh programmer lain jika sewaktu-waktu kode apliaksinya di ambil orang. Alasannya boleh juga ya...heheh.

Tipe programmer romantis ada juga kali ya..heheh, misal si programmer selalu memakai variabel yang aneh aneh
conthnya :

var
si_fulan_my_love : string;
cantik,love : integer;
begin
 if cantik >  love then begin
 ... else ..
 end;

 hahahh .. klo ini sih programmer ngaco

 Nmaun intinya, apabila anda mendokumentasikan kode-kode anda dengan baik dan rapi, histori yang jelas, itu akan mempermudah anda kedepannya,misal ditemukan bug dalam suatu proses, di modul tertentu, tentu akan mudah menemukannya, atau membongkar modul tertentu untuk ditambah atau diperbaiki. OK have a nice coding ...!

1 komentar:

Iklan !

Stats